Sabtu, 13 Oktober 2012

Embedded System (Sistem Tertanam)

Definisi :
       Sistem tertanam adalah sebuah sistem dan aplikasi yang mempunyai  central  processing unit (CPU) yang dapat diprogram –umumnya dalam bentuk mikrocontroller ataupun microprocessor. Sistem ini dapat pula didefinisikan sebagai sistem berukuran relatif kecil dan berbasis komputer yang dikemas dalam bentuk chip. Sistem inilah yang berperan layaknya komputer yang memberikan kemudahan dalam pengoperasian serta meningkatkan fungsi dinamis dan otomatis sistem.

       Sistem tertanam  digunakan sebagai komponen inti dari komponen lain dan tertanam dari beberapa komponen atau peralatan yang lebih besar. Sistem tertanan dirancang untuk suatu pekerjaan yang dapat dikerjakan secara otomatis, terutama sebagai suatu sistem pengontrol. Dengan adanya sistem tertanam, suatu sistem dapat di kerjakan lebih baik, bekerja secara otomatis, berukuran relatif kecil, dan memerlukan biaya yang lebih murah di bandingkan langsung menggunakan komputer. Umumnya dengan sistem tertanam ini diharap kita dapat membuat suatu sistem yang bersifat stand alone-bekerja sendiri tanpa harus tergantung dengan komputer.

Untuk mempermudah dalam mempelajari suatu sistem tertanam, kita harus mengenal beberapa materi pembelajaran seperti elektronika, elektronika digital, dan pemrograman suatu sistem tetanam.
Sistem tertanam umumnya dikerjakan menggunakan mikrokontroler dan PLC (Programmable Logic Controller) yang diisi program melalui interfacing dan software-software komputer, dari program tersebut maka mikrokontroler/PLC dapat bekerja sesuai instruksi program yang yang telah di berikan.

Mikrokontroler yang umum di gunakan dalam suatu sitem tertanam yaitu :
keluarga ATMEL, yaitu MCS-51 (AT89S51, AT89C52, dll), AVR (ATmega 8535, ATmega 32 dll)
sedangkan PLC yang umum di gunakan dalam suatu sitem tertanam yaitu : OMRON, Mitshubisi, dll)

Aplikasi Sistem tertanam sangat luas seperti pada peralatan elektronika (kipas angin, AC, Mp3 dll), peralatan industri (temperature control, sensor control, dll), peraltan medis (alat cek darah, alat cek diabetes dll) dan lain-lain.


0 komentar:

Poskan Komentar